Komputer Stasiun Luar Angkasa Terancam Virus

27 Aug 2008

ISS (barbrok)

Sebuah virus komputer menginfeksi perangkat laptop yang digunakan di stasiun luar angkasa internasional, International Space Station (ISS). Adanya terjangan virus yang mampu mencuri password tersebut dikonfirmasi langsung oleh lembaga luar angkasa Amerika Serikat, NASA.Sudah biasa memang virus menyerang komputer. Namun dalam kasus ini, pihak ISS dinilai ceroboh karena jika terjadi kerusakan sistim akibat virus, bisa jadi stasiun ISS yang penting peranannya dalam misi penyelidikan angkasa itu bakal celaka.

Kasus pertama virus komputer menebar ancaman di ISS. Program jahat tersebut diidentifikasi bernama W32.TGammima.AG yang menyebar dengan mengkopi dirinya sendiri melalui perangkat penyimpanan.

Juru bicara NASA Kelly Humphries juga mengakui ini bukan kali pertama komputer ISS terserang virus. Untungnya komputer yang terinfeksi tidak mengendalikan kontrol pesawat atau perangkat krusial lainnya sehingga kemungkinan buruk tidak terjadi.

NASA tidak menyebut secara detail apakah komputer yang terinfeksi berhubungan langsung dengan sistem penting di ISS. Virus itu diduga menyebar dari kartu memori yang dipakai kosmonot Rusia, Sergey Volkov, dan untungnya segera dapat dikendalikan.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive