Game adegan serangan WTC Dikecam

26 Aug 2008

Peristiwa runtuhnya menara WTC (World Trade Center) tanggal 11 September 2001 tampaknya masih membekas bagi rakyat Amerika. Maka saat sebuah modifikasi game klasik ‘Space Invaders’ terang-terangan menggambarkan adegan serangan di WTC, kritik pun menyeruak. Ditampilkan dalam pameran game Leipzig Game Convention, modifikasi ‘Space Invaders’ itu grafisnya sederhana saja, namun menampakkan segerombolan alien menyerang menara kembar WTC. Modifikasi itu dibesut seniman digital bernama Douglas Edric Stanley sebagai bagian dalam perayaan 30 tahun game ‘Space Invaders’.

Stanley membuatnya beberapa saat setelah menara WTC ambruk karena terjangan pesawat bajakan di tahun 2001. Dalam permainan itu, pemain harus menghadang serangan alien agar gedung WTC jangan sampai rubuh.

Stanley mengakui ciptaannya ini memang terinspirasi dari peristiwa itu. Namun meski mungkin tidak berniat buruk, video game buatannya menuai protes khususnya dari keluarga korban serangan.

“Game itu sangat tidak bercita rasa dan mengingatkan pada serangan itu,” kata seorang pemadam kebakaran yang dua adiknya terbunuh dalam peristiwa 11 September.

Protes dan kecaman juga merebak dalam berbagai diskusi online di dunia maya. Bahkan sampai ada yang ingin mengajukan tuntuan hukum.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive