SIM Card Ponsel disadap CDR

19 Aug 2008

Joko Sarwono, ahli akustik dari IT. mengungkapkan hasil identifikasinya dari rekaman percakapan Urip Tri Gunawan dengan Artalyta Suryani melalui ponsel.

Menurut Joko, dari pembicaraan keduanya yang disadap melalui CDR (Call Detail Record) dari masing-masing nomor SIM card dan sinyal di beberapa wilayah Base Transporter System, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan frekuensi antara rekaman suara dan video dengan rekaman suara yang diambil saat keduanya melakukan pembicaraan melalui telepon.

Namun, Joko menjelaskan bahwa pihaknya bersama peneliti lainnya telah menangani faktor di luar rekaman tersebut seperti emosi yang dapat mempengaruhi frekuensi suara orang yang kemudian diteliti dengan menggunakan teknik down sampling.

Sementara CDR sendiri dalam dunia telepon Internet atau VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah sebuah data record yang mengandung informasi yang berhubungan dengan panggilan telepon, seperti alamat penelepon dan yang ditelepon, waktu mulai bicara dan akhir, durasi pembicaraan, hari panggilan dibuat, dan biaya panggilan dari jaringan atau layanan operator, dan detail panggilan lainnya.

CDR juga dapat menampilkan billing item yang disediakan oleh layanan provider VoIP, dalam format billing telephon jarak jauh, yang disuplai oleh perusahaan telepon konvensional. Sementara CDR sendiri dibuat oleh TelSoft Solutions, yang merupakan teknologi yang sering digunakan oleh perusahaan baik dari remote site via jaringan corporate atau melalui Internet.

Penyadapan melalui CDR juga dapat dilakukan via LAN dari corporate atau melalui Internet dengan teknologi enkripsi. CDR dienkripsi melalui alamat IP dalam proses real time dari data yang dipanggil. CDR dapat dilakukan via Internet dengan proses AAA (Authentication, Authorization, Accounting) dan teknologi enkripsi. CDR memiliki fitur SFTP (Secure File Transfer Protocol) dan SSH v20. atau Secure Shell Encryption.

Sumber : beritanet.com


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive