Bikin Read More.. di Blogspot

14 Aug 2008

Kadang kalau tulisan kita kepanjangan di halaman depan akan terlihat tidak menarik. Ada baiknya di halaman depan tidak usah panjang-panjang seperti situs berita. Ada judul dan deskripsi singkat, kalau orang ingin melihat selanjutnya, tinggal klik saja Read More

Ikuti langkah-langkah berikut ini, penulis berasumsi Anda sudah mempunyai account di blogspot.com. Tetapi bila Anda menggunakan Wordpress versi terbaru yang di download dan di install di server Anda sendiri, fasilitas ini sudah ada. Tetapi itu tentu saja Anda harus membayar hosting-nya )

LANGKAH 1: MERUBAH TEMPLATE BLOGSPOT

  • Login dulu ke Blogspot dan masuk ke Template Blog dan pilih menu Edit HTML. Tetapi pastikan template ini sudah tetap. Karena kalau Anda rubah lagi, Anda harus mengulangi dari awal langkah-langkah ini.

  • Di bawah sedikit ada pilihan Expand Widget Templates, aktifkan (centang) pilihan tersebut. Sekali lagi ingat, harus diaktifkan. Kalau tidak, maka kode-kode yang akan kita temukan di bawah ini tidak akan ada. Nanti Anda stres sendiri mencarinya.
  • Setelah itu carilah kode (tag) </head> dalam form Edit HTML. Kalau Anda kesulitan mencari tag tersebut di antara kode-kode HTML yang acak-acakan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas pencarian di Firefox atau Internet Explorer ( Ctrl+F ) .
  • Sisipkan kode yang di bawah ini tepat di atas </head>.
<style>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
span.fullpost {display:inline;}
<b:else/>
span.fullpost {display:none;}
</b:if>
</style>
  • Setelah itu temukan lagi kode <data:post.body/> masih diform Edit HTML.
  • Sisipkan kode di bawah ini setelah tepat di bawah <data:post.body/>.
<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'> Read More...</a>
</b:if>
  • Setelah itu tekan Save Template

LANGKAH 2: MENULIS ARTIKEL DENGAN MENYISIPKAN Kode Read More

  • Setelah itu Anda bisa ke menu Posting > Create atau Posting > Edit Posts untuk membuat dan memodifikasi artikel di blogspot Anda sehingga bisa ditambahkan Read More.
  • Sisipkan kode di bawah ini di antara awal dan akhir dari artikel Anda. Tapi saat Anda harus menyisipkan kode <span> itu harus ke mode Edit Html yah jangan yang Compose. Kalau tidak, kode itu tidak akan jalan. Jadi sebaiknya Anda mengetik artikel Anda dulu di mode Compose, kemudian baru setelah selesai, sisipkan kode <span> tersebut di mode Edit HTML.
Ini adalah paragraph awal atau potongan awal dari artikel anda.
Kemudian sisipkan kode di bawah ini.

<span class=fullpost>


Ini adalah sisa dari artikel Anda yang puuuaaaaanjang sampai bawah.
Di akhir dari artikel Anda, sisipkan kode di bawah ini .

</span>
  • Setelah itu tekan tombol Publish Post untuk melihat menyimpan.

Semoga dengan tutorial ini, aktivitas nge-blogger Anda menjadi lebih giat, semangat dan bermanfaat bagi orang banyak.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive